"My world"

...welcome to my blog...

Kamis, 23 Juni 2016

CARA MEMBUAT SEMUR TELUR PUYUH ATAU AYAM



Assalamualikum wr.wb haloo semuanya. Laras mau share cara memasak semur ala rumahan dan yang pastinya tanpa ada bahan pengawet atau mecin yaa pokoknya aman untuk keluarga tercinta apa lagi buat ibu-ibu yang punya anak kecil wahh.. pokonya aman bangeet deh. Beda banget sama bumbu jadi yg di jual dalam kemasan-kemasan di market-market. Pokoknya resep ini aman dan terkendali ya.. tapi, buat ibu-ibu yang mau sharing bumbu tambahan selain yang laras sebutkan monggo bisa comment di bawah ya. Langsung aja yuk kita liat :

·         Yang pastinya pertama-tama kita siapin bahan utamanya yang mau di masak. Karena judul di atas menggunakan telur puyuh yuk disiapin telur puyuhnya. Lalu ada beberapa bahan tambahan, kalau laras disini bahan tambahannya ada tahu coklat dan kentang (jangan lupa di kupas dulu yaah kentangnya hehehehe). Setelah semua di siapkan jangan lupa di bersihkan, kan bahan-bahannya beli di pasar takut kena tangan-tangan kotor :p
Ohya.. kl mau ganti tidak pake telur juga bisa kok, biasanya sih aku pake ayam.













·         Selanjutnya…… kita siapin bumbu-bumbu utamanya nih. Liat di gambar ya J



Ket :
a.      Bawang putih
b.      Kemiri
c.       Garam (sesuai selera)
d.      Butir merica (sesuai selera)

Seperti gambar di atas, kan ada tulisan before after tuh.. naahh yang afternya setelah semua bumbu di haluskan kl bahasa aku sebutnya di uleg :p
Ohya..
Jangan ketinggalan juga yaa bumbu yang satu ini, bawang merahnya di iris-iris. Disini aku pake 3 siung bawang merah ukuran sedeng lah yaaa… (liat gambah di bawah)




·         And than (cie pake B.inggris).. kita masukan semua bumbu yang tadi udh di siapkan. Pertama tumis dulu bawang merah yang tadi di iris-iris ya, lalu baru masukan bumbu yang telah di haluskan atau bumbu yang tadi udh di uleg. Jadinya kaya gini nih.. (lihat gambar di bawah)




·         Setelah agak mateng dikit (maksudnya kecium aroma wangi masakannya keluar) masukan air secukupnya, kl laras disini sekitar 600cc lah yah… (Lihat gambar di bawah)




·         Laluu… masukan semua bahan tadi yaa.. telur puyuh, tahu coklat, kentang yg udh di potong-potong. Jangan lupa di kasih kecap secukupnya. Ehmmm kl untuk kecap si aku kira-kira aja ya.. jadi gak nentu gitu. Kl sudah di bagian ini jangan lupa di cicipin yaa kl kurang asin bisa di tambahin garam (Lihat gambar di bawah)






Setelah itu tinggal nunggu mateng deh.. jangan sampe asat yaa (air habis) sisakan airnya untuk kuah-kuah gitu.. SELAMAT MENCOBA J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar