"My world"

...welcome to my blog...

Senin, 04 Juni 2012

BUMBU MASAK TRADISIONAL (AYAM UNGKEP)


      Selamat datang para pembaca yang untuk mencar iinfo di blog laras. Laras mau shared bumbu ayam ungkep yang aman untuk keluarga tercinta anda. Pada zaman sekarang banyak di jual produk olahan bumbu siap saji untuk berbagai macam olahan makanan, tetapi itu semua belum tentu baik untuk keluarga kita. Naahh.. laras punya bumbu tradisional nih, yang bisa anda gunakan untuk memasak ayam unkep untuk kluarga tercinta dan di jamin sehat tanpa bahan pengawet ataupun sejenisnya. Mari kita liat di bawah ini :

1.       Yang pastinya anda harus mempunyai bahan utama untuk di massak, karna laras disini sedang membicarakan membuat ayam ungkep jadi siapkan ayam ungkep  1ekor ataupun secukupnya untuk keluarga anda, sebelum di olah terlebih dahulu kita membersihkan ayam tersebut dari sisa-sisa kotoran yang menempel pada ayam.


2.       Setelah itu kita siap kan bumbu-bumbu tradisional seperti pada gambar di bawah ini :

1)      Ketumbar
2)      Kunyit
3)      Kemiri
4)      Daun jeruk
5)      Jahe
6)      Lengkoas
7)      Jeruk nipis
8)      Daun salam
9)      Bawang putih
10)   Batang sereh
11)   Garam
3.       Setelah ayam  susah di cuci dan bersih, peraskan air jeruk nipis ke dalam ayam


4.       Lalu aduklah hingga merata, hingga ayam tersebut tidak mengeluarkan bau amis lagi, dan di diamkan beberapa menit sambil hita mengolah bumbu yang akan di gunakan

5.       Agar mudah untuk di hancurkan dengan cara menguleg, semua bahan di iris tipis-tipis

6.       Lalu hancurkan dengan cara mengulegnya, tak lupa di tambahkan garam secukupnya sesuai dengan selera lidah keluarga anda.

7.       Setelah di hancurkan, maka akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini :

8.       Lalu campurkan daun salam dan batang sereh ke dalam bumbu yg telah di hancurhan, dan keprak(tekan) batang sereh hingga sedikit terlihat pecah.

9.       Lalu ayam yng sudah di diamkan tadi di cuci atau di bilas dengan air bersih, smpai air jeruk nipisnya tak tersisa.

10.   Pasanglah di atas kompor berapi sedang, campurkan/masukkan bumbu ke dalam ayam.

11.   Tambahkan air secukupnya hingga ayam terendam air.

12.   Aduklah hingga merata, dan diamkan.

13.   Setelah tercampur rata akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini : (tak lupa aduk-aduk ayam sehingga matangnya merata)

14.   Hasil akhir atau matangnya ayam akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini : (ayam siap di sajikan, bisa langsung di makan ataupun di simpan di dalam lemari pendingin, bisa di rebus lagi, atau pun di goreng)
Tapi saya sarankan, ayam yang di ungkep seperti ini lebih lezat bila di goreng


SELAMAT MENCOBA J

4 komentar:

  1. oke mb laras thank for resepnya sangat bermanfaat untuk saya yang hidup sebatangkara..........mask - masak sendiri makan -makan sendiri heee

    BalasHapus
  2. wah.. anak kosan ya :) selamat mn coba

    BalasHapus
  3. Thanks mba laras...selama ini beli ayam ungkep jadi atau bumbu jadi...tapi entah kenapa kl bumbu jadi rasanya beda...percobaan pertama ngungkep ayam niee...moga suamiku suka rasanya... :D ♥

    BalasHapus
  4. iya sayy.. semoga suami kamu suka ya... jgn lupa di cicipin rasa asinnya pas atau engga.. :) kl bumbu jd mmg beda rasanya gurihnya beda... lebih enak yang alami :) slamat masak ladies

    BalasHapus