"My world"

...welcome to my blog...

Rabu, 12 November 2014

Kesimpulan dan saran subnetting menggunakan VLSM

  Kesimpulan
            Berdasarkan analisa yang telah dilakukan penulis dapat menyimpulkan bahwa subnetting dengan menggunakan VLSM banyak memiliki manfaat diantaranya :
1. Efisien menggunakan alamat IP, alamat IP yang dialokasikan sesuai dengan kebutuhan ruang host setiap subnet.
2. VLSM mendukung hirarkis menangani desain sehingga dapats ecara efektif.
3. Mendukung ruteagregasi, juga disebut route summarization.
4. Yang terakhir dapat berhasil mengurangi jumlah rute di routing table oleh berbagai jaringan subnets dalam satu ringkasan alamat. Misalnya subnets 192.168.10.0/24, 192.168.11.0/24 dan 192.168.12.0/24 semua akan dapat diringkas menjadi 192.168.8.0/21
     Dan pada analisa ini penulis membahas studi kasus yang telah diberikan menggunakan simulasi Cisco Packet Tracer dimana yang disimulasikan adalah Routing OSPF.

 Saran
penulis menyarankan harus teliti pada perhitungan subneting VLSM dan harus paham topologi apa yang dipakai pada studi kasus ini. Setiap soal dari studi kasus tersebut harus dipahami dengan seksama agar mudah dalam pemecahan masalah dari studi kasus tersebut.
            Hal yang terpenting dari pembuatan proyek ini harus benar-benar diperhatikan ialah mengerti teori dasar dari setiap pokok bahsan tentang jaringan yang akan dipakai. oleh karena itu, pahami dahulu topologi, alat-alat jaringan dan simulator yang ingin kita buat dan pakai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar