"My world"

...welcome to my blog...

Selasa, 03 April 2012

PENGERTIAN DARI KEINDAHAN




LANDASAN TEORI

     Estetik kadang-kadang dirumuskan pula sebagai cabang filsafat yang berhubungan dengan teori keindahan (theory of beauty). Kalau definisi keindahan memberitahu orang untuk mengenali apa keindahan itu, maka teori keindahan menjelaskan bagaimana keindahan itu.
     Salah satu persoalan pokok dari teori keindahan ialah mengenai sifat dasar dari keindahan. Apakah keindahan itu merupakan sesuatu yang ada pada benda indah ataukah hanya terdapat dalam alam pikiran orang yang mengamati benda tersebut? Penjelasan masalah ini dalam sejarah estetik menimbulkan 2 kelompok teori yang terkenal sebagai teori obyektif dan teori subyektif tentang keindahan atau estetis.
     Kelompok teori obyektif dianut oleh misalnya Plato, Hegel dan Bernard Bosanquet, sedangkan kelompok teori subyektif didukung antara lain oleh Henry Home dan Edmund Burke.

ARTIKEL
Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
       Pengalaman “keindahan” sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau “keindahan itu berada pada mata yang melihatnya.””
Kata benda Yunani klasik untuk “keindahan ” adalah κάλλος, kallos, dan kata sifat untuk “indah” itu καλός, kalos. Kata bahasa Yunani Koine untuk indah itu ραος, hōraios, kata sifat etimologis berasal dari kata ρα, hora, yang berarti “jam.” Dalam bahasa Yunani Koine, keindahan demikian dikaitkan dengan “berada di jam (waktu) yang sepatutnya.”
         Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah ( perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.
Perbedaan keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebuah benda tertentu yang indah
Sebenarnya sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya. Dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk. Dengan bentuk itu keindahan berkomunikasi. Menurut cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk pembedaan itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beauty” (keindahan) dan “the beautiful” (benda atau hal indah). Dalam pembatasan filsafat, kedua pengertian ini kadang-kaang dicampuradukkan saja.
Keindahan yang seluas-luasnya
Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian; yakni
a. keindahan dalam arti luas
b. keindahan dalam arti estetis murni
c. keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan
               Keindahan dalam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adapt kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi : keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.

Sumber: http://suhesammy.wordpress.com/2011/04/16/pengertian-keindahan/

PENDAPAT
Menurut saya keindahan itu adalah sebuah anugrah yang dari maha kuasa, setiap individu akan memandang keindahan itu sendiri dengan cara yang berbeda-beda. Ada keindahan dari fisik/penampilan, ada pula keindahan suatu aura positif.keindahan adalah suatu pandangan yang menyenangkan membuat diri pun akan berfikir positif. Contohnya keindahan pada manusia, manusia di ciptakan oleh Tuhan dengan bentuk yang sempurna, terutama wanita, ia di berikan kelebihan dengan adanya keindahan fisik di dalam tubuhnya, maka kita sebagai seorang wanita patut menghargai pemberian Tuhan dan menjaga pemberian itu dengan sebaiknya.
Apa pula keindahan dari hewan yang juga ciptaan Tuhan, mungkin ada beberapa hewan yang di ciptakan dengan bentuk yang menyeramkan dan menakutkan. Tetapi di balik itu semua ada pula hewan yang membuat mata manusia tergagum-kagum, contohnya seperti burung merak yang mempunyai ekor yang indah dan penuh dengan warna-warna yang indah. Kitapun sebagai manusia akan melihatnya dan mengangap bahwa ciptaan Tuhan itu maha dasyat dan maha sempurna.burung beo juga salah satunya, keindahan dan corak warna bulunya akan menyilaukan mata, karena,warna yang sangat mencolok yang nan indah.
Kalau keindahan pada jagat raya/ alam semesta adalah suatu bentuk ciptaan Tuhan yang terindah pula,contohnya, awan di pagi hri,siang hari ataupun malam haripun berubah-ubah.. menurut saya itu menakjubkan dan indah sekali, apalagi waktu adanya sunset dan sunraise.hutan yang mempunyi air terjun juga merupakan keindahan, itu juga ciptaan Tuhan yang maha Esa,kesejukan yang di rasa juga merupakan keindahan yang susah didapatkan di era jaman sekarang. Jikalau ingin merasakannya kalian harus mencari tempat pedalaman yang masih asli dan sejuk, dan belum di sentuh oleh polusi.Gunung yang megah besar nan indah juga suatu keindahan alam jagat raya, sebaiknya kita sebagai penghuni bumi turut serta menjaga ciptahan Tuhan agar tumbuh semakin indah, dan jangan merusaknya, karena akan merusak ekosistem di dalam bumi.
Sekian pendapat dari saya bila ada kata- kata yang kurang sopan mohon di maafkan.
Nama :   LARAS DEWANTARI
NPM :  24111066
KELAS:  1KB03
MATA KULIAH:   IBD (ILMU BUDAYA DASAR)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar