"My world"

...welcome to my blog...

Sabtu, 10 Maret 2012

Kebudayaan Bangsa Timur (tgsBAB 1)


TEORI DASAR

                Bangsa timur adalah suatu bangsa yg cukup menjunjung tinggi norma kesopanan, dengan adanya suatu nilai kesopanan dan saling menghormati pada setiap manusia maka akan terjalin kebersamaan dan adanya kepedulian antar sesama manusia. Jadi sikap kepribadian bangsa timur ang terkenal akan ke ramah tamahan nya harus di tiru agar terbangun sikap positif di dalam kepribadian masing-masing individu.
Dari berbagai definisi, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

ARTIKEL TENTANG KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR(Pengertian Kebudayaan)

            Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal). Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Dapat diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai“kultur”dalambahasaIndonesia.
Definisi budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.
Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Kepribadian Bangsa Timur
            Orang-orang timur mempunyai manner yang khas yang membedakannya dengan bangsa lain. Bangsa timur sangat terkenal dengan keramahtamahannya terhadap orang lain bahkan orang asing sekalipun. Bagaimana mereka saling memberikan salam, tersenyum atau berbasa basi menawarkan makanan atau minuman. Bangsa timur juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai atau norma norma yang tumbuh di lingkungan masyarakat mereka.
Contohnya saja nilai kesopanan. Di beberapa negara di Asia ada cara dimana kita harus menundukkan/membungkukkan badan 90 derajat pada orang yang lebih tua atau mempunyai kedudukan yang lebih tinggi secara finansial maupun pendidikannya untuk menunjukkan rasa hormat kita. Kepribadian bangsa timur juga identik dengan tutur kata yang lemah lembut dan sopan dalam bergaul maupun berpakaian. Orang-orang timur juga sangat mengedepankan kepentingan bersama daripada kepentingan yang bersifat pribadi.
Bangsa lain juga sangat suka dengan kepribadian bangsa timur yang tidak individualis, dan saling menghargai serta tolong menolong satu sama lain tanpa pamrih. Selain itu bangsa timur sangat menjaga tali silaturahmi atau kekeluargaan antar sesama. Bangsa timur juga terkenal mempunyai pribadi sebagai bangsa pekerja keras, mereka akan berjuang untuk memenuhi kebutuhan baik kebutuhan individu mereka atau kebutuhan kelompok. Tingkat keagamaan atau religiusitas mereka juga tinggi, terlihat dari seringnya mereka melakukan ibadah. kepercayaan bangsa timur terhadap nenek moyang mereka juga masih kental hingga saat ini. bangsa timur juga terkenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan bangsanya. Kebudayaan itulah yang mereka jadikan sebagai panutan mereka dalam berperilaku.

Indonesia Sebagai Bangsa Timur

Negara Indonesia memiliki beragam budaya, suku dan adat istiadat. Indonesia termasuk dalam bagian negara-negara yang ada dalam posisi benua asia memiliki adat yang disebut adat ketimuran. Indonesia yang tergabung dari berbagai suku dan terkenal dengan keramahtamahan masyarakatnya dan tingginya rasa saling menghormati antar sesama. Indonesia sangat berbeda dengan negara-negara barat, karena pandangan hidup dan kebiasaan masyarakatnya yang berbeda. Dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia yang memiliki adat ketimuran, rasa toleransi, ramah, sopan santun, saling menghargai dan gotong royong selalu menjadi dasar hidup masyarakat Indonesia.
Bangsa timur identik dengan benua asia yang penduduknya sebagian besar berambut hitam, berkulit sawo matang dan adapula yang berkulit putih, bermata sipit. Sebagian besar cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup mungkin karena orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku.
Namun di zaman yang sekarang ini, Indonesia yang merupakan bangsa yang berkebudayaan Timur, telah bergeser kebudayaanya ke arah budaya Barat. Mengenai penyebab bergesernya kebidayaan indonesia dari kebudayaan Timur ke budayaan Barat akan dibahas pada bahasan tersendiri.
Daftar pustaka dari berbagai sumber dengan perubahan :
http://www.anakkendari.co.cc/2009/03/pengertian-kebudayaan-menurut-para-ahli/
http://araahe.blogspot.com/2010/12/kebudayaan-bangsa-timur.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://beniazhari.blogspot.com/2010/12/kepribadian-bangsa-timur_18.html
http://putriayuningtyas.ngeblogs.info/2010/10/28/kepribadian-bangsa-timur/
http://putriayuningtyas.ngeblogs.info/2010/11/15/penyebab-perubahan-kebudayaan/
http://www.sribd.com/doc/18266644/perubahan-kebudayaan


PENDAPAT SAYA

            Menurut saya nilai kepribadian sangatlah penting dalam kehidupan, setiap invidu harus mempunyai kepribadian yang tenggang rasa, sopan,rama,dan lapang dada. Itu adalah salah satu sikap yang patut di tiru oleh setiap individu.karenan bila terbangun sikap yang seperti itu akan adanya rasa menghargai, rasa kepercayaan. Orang-orang asing pun banyak yang menyukai dengan adanya sikap ramah tamah, yang mungkin meraka sulit jumpai di budaya barat, budaya bangsa timur sebernanya sangat berbeda dengan kebudayaan bangsa barat, kebudayaan bangsa kita, yaitu bangsa timur adanya nilai kesopanan dan keramahan yang amat sangat di junjung tinggi. Bila pada bangsa barat mungkin mereka terkesan agak cuek dengan lingkungan nya, dan terkesan tidak peduli dengan sekitarnya, tapi, ridak semua orang barat eperti itu, ada pula yang mencontoh kepribadian bangsa timur , mereka cukup peduli dengan lingkungan sekitar dan dapat terjalin saling tolong menolong.
Ada pula pada zaman sekarang ada bangsa timur yang mengikuti kebudayaan barat, mungkin itu tidak di larang tetapi lebih di saring mana sikap posif dan mana pula yang negative, tidak semua kebudayaan bangsa barat itu negative, tetapi ada pula yang positifnya. Kebudayaan bangsa timur adalah mereka yang saling tenggang rasa pada sayu sama lain, mereka ramah pada siapa saja, orang asing pun mereka ramahi. Saya bangga menjadi bagian dalam kebudayaan bangsa timur, karenan di wilayahnya terutama Indonesia ada berbagai budaya,suku, agama, ras, tetpai kami saling menyatu untuk menjunjung tinggi norma persatuan.mungkin ada sebagian yang kurang bia berbaur dan kurang mergerti apa maksud dari kebudayaan banmgsa timur. Yang pasti kebudayaan bangsa timur kaya akan beragam macam individunya. Contoh dai keramahan bangsa timur adalah saat ada seseorang yang berpapasan dengan kita, mka orang tersebut akan tersenyum memandan, bukan berarrt mereka suka atau terpikat kepada orang tersebut, tetapi karenan keramahannya maka orang tersebut tersenyum.
Dan ada pula  contohnya seperti anak, remaja, akan tunduk hormat terharap yang mereka anggap lebih tua, seperti kaka, orang tua, dll, mereka akan memberikan rasa hormatnya terharap org yang lebih tua dari mereka, itu adalah termasuk contoh kebudayaan timur. Akan tetapi budaya timur zaman sekarang sudah tercampur dengan adanya budaya barat, dengan yang namanya mengunakan pakian yang kurang sopan, tidak hormat terhadap orang yang leig tua dll. Padahal kalau kita cermat boleh kok mencampur budaya barat dan budaya timur, tetapi kalin musti ambil bagian yang positif saya dan buang jauh-jauh sikap negative nya.
Sekian pendapat saya, bila ada kata- kata yang menyinggung mohon di maaf kan, dan pula ada penulisan kalimat yang salah mohon di maklum kan.
Nama              : Laras Dewantari
NPM               : 24111066
Kelas               : 1KB03
Mata Kuliah    : IBD (ilmu budaya dasar)

1 komentar:

  1. warna dan jenis fontnya bikin ngga nyaman bacanya :(

    BalasHapus